Kibarkan Semangat Inovasi Ciptakan siswa Berprestasi,

Friday 4 January 2013

Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Matematika kelas 6

Kelas 6
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR BERDASARKAN
PERMENDIKNAS NO. 22 TAHUN 2006
USULAN KOMPETENSI DASAR
1.   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
·       Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
·       Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
·       Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
·       Mengenal satuan debit
·       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
·       Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
·       Menghitung luas lingkaran
·       Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
·       Mengumpulkan dan membaca data
·       Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
·       Menafsirkan sajian data
·       Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
·       Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
·       Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
·       Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
·       Memecahkan masalah perbandingan dan skala
·       Membuat denah letak benda
·       Mengenal koordinat posisi sebuah benda
·       Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
·       Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
·       Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
·       Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
·       Menafsirkan hasil pengolahan data

2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
·       Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
·       Mengisi lembar isian data sederhana yang berkaitan dengan identitas diri, hasil mengukur/mencacah dengan apa adanya
3.   Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
·       Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
·       Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban
·       Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat
·       Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah dengan skala tertentu
·       Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk sketsa
·       Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya
·       Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya
·       Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
·       Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan grafik
·       Menjelaskan arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
·       Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis

No comments: