Kibarkan Semangat Inovasi Ciptakan siswa Berprestasi,

Thursday 31 January 2013

DOWNLOAD POWERPOINT GEJALA ALAM KELAS 6 SD


Buat rekan rekan pendidik di tanah air tercinta dimana saja berada, kali ini saya akan berbagi media pembelajaran powerpoint  yang baru saja saya ajarkan ke siswa, dalam kesempatan ini saya membuat powerpoint IPS tentang Gejala Alam.

Ilmu pengetahuan Sosial adalah pelajaran yang kelihatan mudah tetapi banyak siswa yang mendapat nilai rendah untuk pelajaran ini, untuk itu kita harus membuat media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami siswa.

Dalam powerpoint ini saya tampilkan gejala alam yang ada di indonesia, yang saya racik dengan baik sehingga enak untuk di tampilkan di kelas, di dalam powerpoint ini juga saya berikan efek suara yang mengharuhkan hati.
Bagi yang berminat silakan download aja di  sini.

Demikian posting saya kali ini semoga bermanfaat, kritik membangun sangat saya harapkan untuk kemajuan dunia pendidikan.
Diposkan oleh Suwari Ahmad Guru SDN 13 Muara Telang.

Saturday 26 January 2013

TRIK PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 6 SD


Pelajaran matematika merupakan momok/ pelajaran yang ditakuti oleh siswa, untuk itu kita sebagai seorang pendidik yang profesional kita harus meluangkan waktu untuk berfikir bagaimana cara penguatan materi matematika yang baik pada anak didik dan bagaimana meningkatkan rangsangan motivasi belajar.
Jadi kita berdiri dikelas harus bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, untuk itu ada contoh permainan matematika yang bisa di terapkan dalam materi pecahan senilai, dan ini sudah saya terapkan di kelas 6A SDN 13 Muara Telang, hasilnya sangat memuaskan, semua siswa merasa senang dan gembira dan tujuan pembelajaran tercapai.

Langkah- langkah membuat alat peraganya
  •    Potonglah kertas kambing atau karton dengan ukuran  5 cm x 7 cm ( satu kertas kambing bisa jadi 18 potong)
  •  Buatlah sebanyak jumlah siswa kita di kelas  agar semua anak bisa ikut bermain
  • Semua kertas kita tulis sebuah pecahan,
  • Setiap 2 potong kertas memuat pecahan senilai
  • Jadi semua kertas berpasangan  yang merupakan pecahan senilai

Langkah permainannya :
  •   Semua anak maju kedepan dan buatlah melingkar
  •  Kocok kertas yang berisi pecahan tersebut
  • Bagikan kesetiap anak dan jangan boleh di buka dulu,
  • Setelah semua anak kebagian kertas tadi dengan hitungan ketiga di buka bersam
  • Selanjutnya suruh setiap anak mencari pasanganya yang merupakan pecahan senilai
  •  Anak yang berhasil menemukan pasangannya kita kasih rewot(pujian) dan kita pisahkan dari anak yang lain.
  •  Diteruskan sampai semua anak menemukan pasangannya
  • Setelah selesai , kertas di kumpul dan kembalai bermainan lagi.

 Permainan ini memotivasi siswa berfikir dan menghitung pecahan senilai dengan cepat dan juga mengasyikkan.
Demikianlah trik permainan matematika kali ini, semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan.
Di Poskan oleh Suwari Ahmad, S.Pd Guru SDN 13 Muara Telang

Sunday 13 January 2013

Galeri Foto kegiatan SDN 13 Muara Telang

Kegiatan Perkemahan dari SDN 13 Muara Telang.

Perwakilan dari SDN 13 Muara telang dalam lomba Pildacil Putri meraih Juara 2 yang di ikuti 34 sekolah dalam wilayah kecamatan Muara Telang.



 









   Anggota Regu pramuka dari SDN 13 Muara telang
 Halang Rintang Putri meraih juara 3












          Pildacil Putra meraih Juara 2

                  Suasana di kelas 6A SDN 13 Muara Telang                                    
 
                                     Pada Waktu ikut lomba Blog guru, meraih juara 3 Sesumatera Selatan

                                  

Friday 4 January 2013

Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Matematika kelas 6

Kelas 6
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR BERDASARKAN
PERMENDIKNAS NO. 22 TAHUN 2006
USULAN KOMPETENSI DASAR
1.   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
·       Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
·       Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
·       Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat
·       Mengenal satuan debit
·       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
·       Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
·       Menghitung luas lingkaran
·       Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
·       Mengumpulkan dan membaca data
·       Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
·       Menafsirkan sajian data
·       Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
·       Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
·       Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
·       Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
·       Memecahkan masalah perbandingan dan skala
·       Membuat denah letak benda
·       Mengenal koordinat posisi sebuah benda
·       Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
·       Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
·       Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
·       Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
·       Menafsirkan hasil pengolahan data

2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
·       Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
·       Mengisi lembar isian data sederhana yang berkaitan dengan identitas diri, hasil mengukur/mencacah dengan apa adanya
3.   Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
·       Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
·       Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban
·       Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat
·       Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah dengan skala tertentu
·       Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk sketsa
·       Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya
·       Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya
·       Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
·       Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan grafik
·       Menjelaskan arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
·       Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis