KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BERDASARKAN
PERMENDIKNAS NO. 22 TAHUN 2006
|
USULAN KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
· Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan
KPK
· Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
· Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan
akar dan pangkat
· Mengenal satuan debit
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
· Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar
sederhana
· Menghitung luas lingkaran
·
Menghitung
volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
· Mengumpulkan dan membaca data
· Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
· Menafsirkan sajian data
· Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
· Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
· Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
· Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
· Memecahkan masalah perbandingan dan skala
· Membuat denah letak benda
· Mengenal koordinat posisi sebuah benda
· Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius
· Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran
· Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
· Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
· Menafsirkan hasil pengolahan data
|
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
|
·
Menunjukkan
perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan
operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
·
Mengisi lembar isian data sederhana yang berkaitan
dengan identitas diri, hasil mengukur/mencacah dengan apa adanya
|
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
·
Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan
satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua
jarum jam
|
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
·
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri ,
menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang
berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan
aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta membuktikan kebenaran atau masuk
akalnya jawaban
·
Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan
jumlah sudut segi tiga dan segi empat
·
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
dengan skala tertentu
·
Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang
menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan
bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan
menggambarkannya dalam bentuk sketsa
·
Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana
serta menghitung luasnya
·
Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta
menghitung volumenya
·
Membuat
kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
·
Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel
dan grafik
·
Menjelaskan arti rata-rata, median dan modus dari
sekumpulan data
·
Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus
dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
|
Friday 4 January 2013
Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Matematika kelas 6
Kelas 6
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment