Pendekatan scencifik pada Kurikulum 2013 bila di padukan dengan dengan menggunakan media elektronik yang menarik akan lebih asyik dan anak akan lebih bersemangat serta bergairah untuk mengikuti pelajaran di kelas.
Pada kegiatan mengamati bukan cuma langsung kita sajikan gambar tetapi kita buat lebih menantang dulu dengan menggunakan media pembelajaran tebak gambar yang di buat dengan menggunakan powerpoint yang sangat sederhana.
Sebagai contoh ini saya buat powerpoint Tebak gambar yang sederhana yang saya ambil pada kelas 4 tema 4 berbagai pekerjaan dengan subtema jenis jenis pekerjaan.
Bagi yang berminat silakan download di sini
Semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan.
Wednesday 26 November 2014
Monday 10 November 2014
RPP KURIKULUM 2013 TERBARU BERDASARKAN PERMEN NOMOR 103 TAHUN 2014
Tahap pertama dalam pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
Pada kurikulum 2013 pedoman penyusunan RPP di atur menurut permen 103 tahun 2014, ada beberapa perubahan yang harus di perhatikan oleh guru dalam penyusunannya,
Untuk itu saya mencoba membuat RPP yang benar menurut rambu-rambu yg di tetapkan,
berikut contoh RPP tersebut :
Pada kurikulum 2013 pedoman penyusunan RPP di atur menurut permen 103 tahun 2014, ada beberapa perubahan yang harus di perhatikan oleh guru dalam penyusunannya,
Untuk itu saya mencoba membuat RPP yang benar menurut rambu-rambu yg di tetapkan,
berikut contoh RPP tersebut :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 7 Muara Telang
Kelas/Semester : IV/1
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema : 1. Jenis-jenis
Pekerjaan
Pembelajaran
Ke : 1
Muatan materi : Bahasa
Indonesia, IPA dan IPS
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah
Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat
teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta
permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
IPS
1.2 Menjalankan
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia
dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku
santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan,
konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial,
ekonomi, dan pendidikan
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.1 Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai
pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam
waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri
ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari dan kemudahan yang diperoleh
oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
C.
INDIKATOR
Bahasa indonesia
1.2.1 mensyukuri
anugerah Tuhan dengan adanya teknologi modern
2.4.1 menunjukkan
sikap peduli terhadap sumber daya alam
3.4.1 Mengolah informasi tentang proses
pembuatan teh
4.4.1 menyajikan
cerita tentang petualang
IPS
1.2.1 Dengan
mempertimbangankan sosial budaya, ekonomi, politik dalam masyarakat,
siswa dapat meningkatkan ibadah
kepada Tuhan
1.3.1 Menyukuri
karunia Tuhan
2.3.1 menunjukkan
sikap santun dan peduli terhadap lingkungan dan sesama teman
3.5.1. Mengidentifikasi
sumber bahan baku teh
4.1.1. Mengidentifikasi
keberadaan jenis-jenis pekerjaan serta hubungannya dengan
kondisi geografis
4.5.1. Menjelaskan
proses industri teh
IPA
1.1.1
meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan atas semua kebesarannya
2.1.1 menunjukan
rasa ingin tahu dan bertanggung jawab
atas sumber daya yang ada
3.7.1. Menjelasakan sumber daya alam di
suatu daerah dan menghubungkannya dengan
jenis-jenis pekerjaan yang ada
4.7.1 membuat laporan
pengamatan tentang teknologi modern
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Ø Hubungan sumber daya alam dan
pekerjaan yang ada di daerah tersebut.
Ø Mengidentifikasi
pekerjaan-pekerjaan yang ada di kebun teh secara rinci.
Ø
Mengidentifikasi
kondisi geografis dan pekerjaan
Ø Hubungan antara sumber daya alam
dan kondisi geografis (dataran rendah, tinggi dan perairan).
Ø Proses daun teh menjadi teh tubruk
secara runtut.
E.
LANGKAH–LANGKAH
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Peserta didik memulai
kegiatan dengan berdoa
2. Mengecek kehadiran
peserta didik
3. Guru Bertanya tentang
keadaan peserta didik
4. Peserta didik diberi
pertanyaan yang mengarah pada pembelajaran.
|
15 menit
180
menit
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa
mengamati gambar proses pembuatan teh. Ingatkan siswa untuk memperhatikan
langkah-langkah proses tersebut secara detail.(mengamati)
2.
Guru bisa
mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengarahkan siswa memperhatikan secara
rinci proses pembuatan teh yang ada dalam gambar.(menanya)
3.
Siswa diminta
berdiskusi dengan teman dalam kelompoknya untuk menjawab pertanyaan yang ada di
buku mengenai letak perkebunan teh, pekerjaan yang ada di perkebunan
tersebut, dan tugas dari setiap pekerja tersebut. (analisa)
4.
Perwakilan kelompok mempersentasikan hasil tugasnya (menkomonikasikan)
5.
Siswa
mengamati tiga gambar yang berisi tiga jenis
profesi dari di tiga tempat yang
berbeda, kemudian menuliskan keterangan tentang
tiga jenis profesi tersebut di bagian bawah gambar (mengamati)
6.
Siswa
menganalisis hubungan antara pekerjaan dan tempat bekerja. Kemudian, menuliskan
jawaban dari pertanyaan
yang ada di buku.(menalar)
7.
Setiap kelompok membacakan hasil jawabannya (menkomonikasikan)
8.
Siswa
melakukan tugas individu yaitu menceritakan keadaan wilayah tempat tinggal mereka
dan jenis-jenis pekerjaan yang ada, serta menuliskannya di buku. (mencoba)
9.
Siswa
diharapkan mengetahui hubungan antara kondisi wilayah tempat tinggal dan
jenis pekerjaan yang ada.(menalar)
10.
Siswa
mengamati peta sederhana yang ada di buku. (mengamati)
11.
Siswa
diingatkan untuk memprediksi jenis-jenis pekerjaan yang ada di daerah-daerah
yang terdapat di peta,
misalnya pemetik teh di dataran tinggi dan nelayan di wilayah perairan. Kemudian menuliskan hasil pengamatan peta
pada tabel di buku. (menalar)
12.
Siswa
membuat kesimpulan tentang isi tabel, bahwa kondisi geografis tempat tinggal
suatu masyarakat akan memengaruhi jenis-jenis pekerjaan masyarakat yang ada
di wilayah tersebut. Siswa menuliskan kesimpulan mereka di buku. (menkomonikasikan)
13.
Siswa
membaca senyap, bacaan tentang Ulil Si DaunTeh. Kemudian menyebutkan sebanyak mungkin
pekerjaan yang ada dalam cerita (mengumpulkan informasi)
14. Siswa menuliskan proses Ulil Si
Daun Teh sampai menjadi teh tubruk yang dapat dinikmati oleh semua orang
dalam kolom yang tersedia di buku. (mencoba)
15. Siswa bercerita di depan kelas tentang proses pembuatan daun
teh secara singkat.(menkomonikasikan)
16. Siswa kemudian saling menilai
presentasi dengan memperhatikan criteria yang diharapkan, dalam rubrik
penilaian. (menkomonikasikan)
.
|
|
Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
4.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
F.
PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
·
Penilaian Sikap :
Percaya diri, disiplin, bekerja sama
·
Penilaian Pengetahuan :
Tes lisan
·
Penilaian Ketrampilan :
- Unjuk kerja
- Produk
2. Intrumen penilaian
a. Rubrik siswa: Penilaian Presentasi Proses Pembuatan Daun Teh
Beri tanda (√ ) pada kolom sesuai dengan presentasi temanmu.
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih Lagi
|
Bahasa yang digunakan
|
Kalimat jelas dan mudah dimengerti
|
Kalimat cukup jelas, tetapi ada beberapa
kata yang sulit dimengerti
|
Kalimat sulit dimengerti
|
Suara saat presentasi
|
Jelas terdengar
|
Kurang jelas
|
Tidak terdengar
|
Sikap saat presentasi
|
Berani dan penuh percaya diri
|
Cukup berani,
tetapi tampak masih ragu
|
Tidak percaya diri (malu dan tidak mau bicara)
|
b.
Daftar periksa untuk mengolah informasi (Bahasa Indonesia)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menulis semua proses daun teh menjadi
teh tubruk
|
|
|
Menulis secara runtut
|
|
|
Menulis dengan kata baku
|
|
|
c.Daftar periksa untuk cerita siswa di Ayo Renungkan (IPS dan IPA)
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menulis lokasi tempat tinggal
|
|
|
Menulis pekerjaan yang ada di lokasi tempat tinggal
|
|
|
Menjelaskan hubungan lokasi dengan jenis pekerjaan
|
|
|
d. Penilaian Sikap (peduli, rasa ingin tahu, tekun, dan teliti).
Ada di lembar penilaian sikap
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial : -
b. Pengayaan
Siswa
menceritakan kelebihan atau keunikan yang dimiliki masyarakat di daerah tempat
tinggal masing-masing. Kelebihan atau keunikan tersebut berkaitan dengan
jenis-jenis profesi atau kekayaan alamnya.
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : gambar, video
2. Alat / Bahan : laptop, LCD proyektor
3. Sumber Belajar :
- Buku siswa kelas 4 tema berbagai pekerjaan
- Buku guru kelas
4 tema berbagai pekerjaan
- Kondisi lingkungan dan jenis profesi masyarakat
- Nara sumber
Telang
Makmur, 10 Nopember 2014
Mengetahui GuruKelas
4B
Kepala SDN 7 Muara Telang
YUHANCIK DUNGCIK, S.Pd.SD SUWARI,
S.Pd.SD
NIP.19650916 1994051 001 NIP.19720624
200604 1 004
Bagi yang berminat silakan download RPP tersebut di RPP kelas 4 Tema 4 Subtema 1 P.1
Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Subscribe to:
Posts (Atom)