Kibarkan Semangat Inovasi Ciptakan siswa Berprestasi,

Sunday, 18 May 2014

KEDUDUKAN DAN FUNGSI BUKU SISWA KURIKULUM 2013




       Buku Siswa diperuntukkan bagi siswa sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu.
       Buku Siswa bukan sekedar bahan bacaan, tetapi juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activity-based learning)
       Isi buku memberi kesempatan kepada siswa agar lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, berdiskusi, serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan guru.

Pada Buku kurikulum 2013 terdapat beberapa ikon yaitu :

Ayo Belajar, Ayo  Bacalah, Ayo Cari Tahu
adalah ajakan kepada siswa untuk memiliki rasa ingin tahu terhadap suatu hal, khususnya yang berkaitan dengan tema pembelajaran. Guru dapat memperkaya dengan sumber belajar yang lain.

Ayo Amati
adalah ajakan kepada siswa untuk menggunakan panca indera dalam menyerap informasi yang berkaitan dengan tema yang dipelajari
Ayo Menulis, ayo ceritakan, ayo lakukan
adalah ajakan untuk mendapatkan pengalaman belajar dengan melakukan
(Learning by doing).
Ayo Bekerja Sama
merupakan ajakan kepada siswa untuk melatih keterampilan sosial siswa dalam berinteraksi dengan teman-teman di kelasnya.
Ayo Renungkan
merupakan ajakan kepada siswa untuk melakukan refleksi dari pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
Kerjasama Dengan Orang Tua
Pada setiap pembelajaran ada bagian yang memerlukan keterlibatan orangtua.
Orang tua membimbing, mendampingi serta terlibat secara aktif dalam membantu siswa memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai aktivitas.

Belajar Di Rumah
adalah ajakan kepada orang tua untuk mendampingi siswa belajar di rumah.