Kibarkan Semangat Inovasi Ciptakan siswa Berprestasi,

Thursday 29 May 2014

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIK



Rekan-rekan Guru yang dalam beberapa bulan ke depan akan melaksanakan kurikulum 2013 karena tahunajaran baru sudah didepan mata dan genderang Kurikulum 2013 sudah ditabu, jadi mau tidak mau kita semua harus melaksanakan kurikulum 2013 ini.
 Kurikulum 2013 ini kalau di laksanakan oleh guru yang kreatif akan sangat baik di banding kurikulum sebelumnya.
 Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan scientific
Pendekatan scientific dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud  meliputi :
a.    mengamati;
b.    menanya;
c.     mengumpulkan informasi/eksperimen;
d.    mengasosiasikan/mengolah informasi/analisis
e.    mengkomunikasikan/ menyajikan
Kelima pembelajaran pokok tersebut dapat dirinci dalam berbagai kegiatan belajar sebagaimana tercantum dalam tabel berikut: 


Tabel  2: Keterkaitan antara Langkah Pembelajaran dengan Kegiatan Belajar dan Maknanya
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Belajar
Kompetensi yang Dikembangkan
Mengamati
Membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat)
Melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
Mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat
Mengumpulkan informasi/ eksperimen/mencoba

-     melakukan eksperimen
-     membaca sumber lain selain buku teks
-     mengamati objek/ kejadian/
-     aktivitas
-     wawancara dengan narasumber

Mengembangkan sikap teliti, jujur,sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengasosiasikan/
mengolah informasi/
analisis
-     mengolah informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi.
-     Pengolahan informasi yang dikumpulkan dari yang bersifat menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan.
Mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan .

Mengkomunikasikan/
menyajikan

Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya

Mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
singkat dan jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.

Demikianlah semoga dapat membantu guru-guru dalam membuat RPP dan dalam proses pembelajaran. 
Di poskan oleh Suwari, S.Pd.SD

Tuesday 27 May 2014

CONTOH RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SDN 7 Muara Telang
Kelas / semester         :  IV / 1
Tema / Sub Tema      :  Indahnya Kebersamaan/Keberagaman  
                                       budaya Bangsaku ( PB 4 )
Alokasi waktu            :  7 x 35 menit

A. Kompetensi Inti (KI)
1.  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
     dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk    ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,        sekolah, dan tempat bermain.
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan  dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator

IPA
Kompetensi Dasar:
3.5  Memahami sifat-sifat bunyi melalui  pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
4.4  Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
Indikator:
3.5.1  Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan
4.4.1  Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar
IPS
Kompetensi Dasar:
3.5  Memahami manusia dalam dinamika  interaksi dengan lingkungan alam, sosial,
        budaya, dan ekonomi
4.5  Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial,
       budaya, dan ekonomi

Indikator:
4.5.1 Menceritakan  pe nga lamannya menjaga kehar monisan hubungan dengan teman   
         sebagai pengamalan  nilai-nilai Pancasila
PPKn
Kompetensi Dasar:
3.1   Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami   
        Pancasila secara utuh
4.1   Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang
        kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
Indikator:
4.1.1 Menceritakan pengalaman mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-
          hari


C. Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat
menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan dengan tepat.
2.      Dengan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar dengan benar.
3.      Dengan berdiskusi siswa dapat menceritakan pengalamannya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

D. Materi Pembelajaran
     1. Alat musik tradisional buku siswa halaman 24
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
     Metode : Tanya jawab, eksperimen dan diskusi
     Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya,  mencoba, menalar dan menyaji)
F. Media, Alat, dan Sumber Bahan
     1. Media dan Alat : Berbagai jenis benda yang menghasilkan bunyi seperti botol, sendok,
         tutup panci, dan lain-lain.
     2. Sumber : Afriki dkk. 2013 Buku siswa Tema 1 “Indahnya Kebersamaan” buku tematik
         terpadu kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
G. Langkah- Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  1. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa
  2. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
  3. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
  4. Guru memberikan apersepsi dengan menyanyikan lagu sumber bunyi.
10 menit
Inti
Mengamati :
1.   Guru menampilkan gambar beberapa alat musik
2.   Siswa di minta mengamati  gambar yang ditampilkan guru    selain membaca buku  Siswa kelas IV tema 1 halaman 24.

205 menit
Menanya :
3. Siswa di beri  kesempatan untuk membuat pertanyaan  dari     gambar yang  ditampilkan, siswa lain diberi kesempatan
    untuk menjawabnya
Mencoba :
4. Guru menyiapkan benda-benda yang dapat dibunyikan dengan   cara:
-          ditiup: peluit
-          digesek: sisir
-          dipetik: karet
-          ditekan: mainan anak
5.  Guru mengelompokkan siswa berdasarkan cara   
      membunyikan benda  kemudian siswa diminta mencoba 
      membunyikan alat bunyi tersebut
6. Kemudian Secara berkelompok, siswa membunyikan 
    berbagai jenis benda, seperti botol, sendok, ember, agar 
    menghasilkan bunyi  yang enak didengar.
Menalar :
7. Setelah Guru menjelaskan tentang makna harmoni dalam 
    musik,Siswa mendikusikan makna harmoni itu dalam 
    kehidupan sehari- hari  manfaat keharmonisan dalam 
     kehidupan berbangsa dan bertanah air   persatuan dalam  
     keberagaman
Menyaji :
8. Guru meminta siswa melaporkan hasil diskusi yang diperoleh
     dengan cara menceritakannya di depan kelas.
9. Guru memotivasi siswa lain mengajukan pertanyaan, 
    komentar,   kritik, atau saran.

Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan hasil belajar
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

H. Penilaian
     1. Teknik Penilaian
         a. Penilaian sikap : Toleransi, tekun dan teliti
         b. Penilaian pengetahuan : kuis
         c. Penilaian ketrampilan : menceritakan
         d. Penilaian diskusi
    2. Bentuk Instrumen penilaian
      

        a. Penilaian sikap
          
No.
Nama Peserta Didik
Aspek
Jumlah
Nilai
Toleransi
tekun
teliti
1.
Ass Nur Cahyani





2.
Andi Purwanto





3.
Bagas Prasetyo





4.
Erni Fatmawati












Keterangan Skor:
1= tidak pernah di tunjukkan
2= kadang-kadang ditunjukkan
3= sering di tunjukkan
4=Selalu di tunjukkan
Skor maksimal=12

b.  Lembar Penilaian Pengetahuan
     Daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi. (IPA)
        
No.
Nama
kreteria
Aku sudah dapat menyebutkan 5 benda yang menghasilkan bunyi
Aku sudah dapat menyebutkan cara menghasilkan bunyi dari 5 benda
yang diminta.
Aku dapat menuliskan kesimpulan dari hasil percobaan.
Tercapai
Tercapai
Tercapai
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1.
Ass Nur Cahyani






2.
Andi Purwanto






3.
Bagas Prasetyo






4.
Erni Fatmawati







Soal tes
1. Sebutkan 5 benda yang dapat menghasilkan bunyi dan sebutkan cara menghasilkan
     bunyinya!
kunci Jawaban :
·         peluit di tiup
·         sisir di gesek
·         karet di petik
·         mainan anak di tekan
·         kendang di pukul, dll.
c. Lembar Penilaian Ketrampilan (IPS dan PPKn)

   
No.
Nama
kreteria
Isi cerita sesuai dengan tema
Isi cerita dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila.
Tercapai
Tercapai
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1.
Ass Nur Cahyani




2.
Andi Purwanto




3.
Bagas Prasetyo




4.
Erni Fatmawati







d. Kegiatan berdiskusi dinilai dengan rubrik. (PPKN, IPA dan IPS)

Kriteria
Bagus sekali
cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

(3)
(2)
(1)
Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespons dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

(3)
(2)
(1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci,  Merespons sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

(3)
(2)
(1)
Keruntutan berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal hingga akhir.
Menyampaikan pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten.
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut.

(3)
(2)
(1)

Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.





                                                                                                  Telang Makmur,                  2014
            Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas IV



YUHANCIK DUNGCIK, S.Pd.SD                                                        SUWARI, S.Pd.SD
NIP.19650916 199404 1 001                                                       NIP.19720624 200604 1 004