Rekan-rekan Guru yang dalam beberapa bulan ke depan akan melaksanakan kurikulum 2013 karena tahunajaran baru sudah didepan mata dan genderang Kurikulum 2013 sudah ditabu, jadi mau tidak mau kita semua harus melaksanakan kurikulum 2013 ini.
Kurikulum 2013 ini kalau di laksanakan oleh guru yang kreatif akan sangat baik di banding kurikulum sebelumnya.
Kurikulum 2013 menekankan pada
dimensi pedagogik
modern
dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan scientific
Pendekatan scientific dalam
pembelajaran
sebagaimana dimaksud meliputi :
a.
mengamati;
b.
menanya;
c.
mengumpulkan informasi/eksperimen;
d.
mengasosiasikan/mengolah informasi/analisis
e. mengkomunikasikan/ menyajikan
Kelima pembelajaran pokok tersebut dapat dirinci dalam berbagai
kegiatan belajar sebagaimana tercantum dalam tabel berikut:
Tabel 2: Keterkaitan antara Langkah Pembelajaran dengan Kegiatan Belajar
dan Maknanya
Langkah
Pembelajaran
|
Kegiatan
Belajar
|
Kompetensi yang
Dikembangkan
|
Mengamati
|
Membaca,
mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat)
|
Melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi
|
Menanya
|
Mengajukan
pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai
dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik)
|
Mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu
untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat
|
Mengumpulkan
informasi/ eksperimen/mencoba
|
-
melakukan
eksperimen
-
membaca
sumber lain selain buku teks
-
mengamati
objek/ kejadian/
-
aktivitas
-
wawancara
dengan narasumber
|
Mengembangkan
sikap teliti, jujur,sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengasosiasikan/
mengolah
informasi/
analisis
|
-
mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan
mengumpulkan/eksperimen mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi.
-
Pengolahan
informasi yang dikumpulkan dari yang bersifat menambah keluasan dan kedalaman
sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai
sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan.
|
Mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan .
|
Mengkomunikasikan/
menyajikan
|
Menyampaikan
hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya
|
Mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan
singkat dan
jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.
|
Demikianlah semoga dapat membantu guru-guru dalam membuat RPP dan dalam proses pembelajaran.
Di poskan oleh Suwari, S.Pd.SD
No comments:
Post a Comment