Kibarkan Semangat Inovasi Ciptakan siswa Berprestasi,

Thursday 8 May 2014

LAGU UNTUK APERSEPSI PEMBELAJARAN DI SD

Pengalamanku sewaktu mengikuti pelatihan instruktur Nasional kurikulum 2013 di LPMP sumatera selatan pada tanggal 30 April s.d 6 Mei 2014 sangat berkesan, kami di didik langsung oleh Narasumber Nasional dari Dosen Unsri yang sangat ketat dari pukul 08.00 s.d 22.30. Pada waktu peer Teaching, walau kondisi badan saya tidak fit, karena saya terserang batuk, tetapi saya tetap berusaha menampilkan kemampuan yang saya miliki.
Saya mendapat bagian materi kelas 4 Tema 1 Indahnya kebersamaan dengan sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku dari pembelajaran 4 yang di dalamnya mencakup materi IPA tentang bunyi, IPS tentang keharmonisan hubungan di masyarakat, dan PKN pengamalan sila pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Untuk Apersepsi saya mencoba mengajak siswa menyanyi, karena anak sekarang lebih suka lagu-lagu yang lagi populer, maka saya ambil lagu Oplosan yang saya ubah syairnya, ini dia syair lagu Sumber bunyi versi Oplosan yang saya buat :

Sumber bunyi (Oplosan)



Ayo kita belajar bunyi
agar engkau cepat mengerti
Dimanakah sumbernya bunyi
Dari benda  yang digetari

Contoh benda yang berbunyi
dalam hidup sehari hari
gitar seruling dan kecapi
dalam satu harmoni

 reff
Pukullah gendangmu
tiuplah serulingmu
jadilah musikmu terdengar dengan saduh
duh ku mau belajar dengan  pak Guru

Bagi yang mau mencoba menggunakan lagu tersebut untuk apersepsi di kelas saya persilakan. Semoga kurikulum 2013 di tahun ajaran baru ini dapat berjalan dengan baik.

No comments: