Kibarkan Semangat Inovasi Ciptakan siswa Berprestasi,

Sunday 30 December 2012

SOFTWARE MERUBAH WINDOWS 7 MENJADI BAHASA INDONESIA

Teman-teman semua dalam windows 7 ataupun 8 semua menggunakan bahasa Inggris, yang sebagian dari kita mengalami kesulitan dalam terjemahannya, untuk itu dalam blog suwariahmad kali ini saya akan mengulas cara merubah windows 7 kedalam bahasa indonesia agar semua tampilan windows menggunakan bahasa indonesia, pastinya keren, apalagi kita semua tentu akan mudah mengerti dalam mengoperasikannya.

Langkah-langkah dalam merubah windows 7 kedalam bahasa indonesia adalah :
1. Silakan download softwarenya di  sini 
2.  Selanjutnya pilih tipe windowsnya 32 bit atau 64 bit
3. Setelah berhasil di download silakan instal di laptop sobat.
4. Beri centang pada pilihan bahasa Indonesia
5. klik I accept selanjutnya next 
6. Selanjutnya pilih Bahasa Indonesia
7. klik  Change display Language 
8. kemudian ada perintah restar, silakan restar laptop sobat
9. Selesai, windows sudah berhasil berubah menjadi bahasa indonesia 

Selamat mencoba, Semoga berhasil untuk merubah microsoft office menjadi bahasa indonesia pada posting berikutnya.

Monday 24 December 2012

MEMBUAT ANIMASI DENGAN MENGGUNAKAN MICROMEDIA FLASH 8

Membuat Animasi Motion Tween
Animasi Motion Tween adalah animasi yang paling banyak digunakan dalam membuat suatu animasi Tween. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Buka sebuah movie flash baru.
2. Klik Oval tool pada toolbox untuk mengambar sebuah lingkaran tanpa stroke, beri warna lingkaran
    tersebut dengan warna gradasi.
3. Seleksi seluruh lingkaran.
4. Klik menu Insert > Convert to Symbol untuk mengubah objek menjadi simbol atau tekan F8 pada
    keyboard.
5. Beri nama simbol tersebut pada kotak dialog Convert to Symbol dengan mengetikkan nama pada kotak
    Name.
6. Pilih Behavior Graphic dengan mengklik lingkaran di katak dialog, kemudian klik OK.
7. Ganti nama Layer 1 menjadi Lingkaran dengan double klik layer 1 kemudian ketikkan nama layer.
8. Klik frame 35 di kotak Timeline.
9. Klik menu Insert > Keyframe atau klik kanan tombol mouse kemudian pilih Insert Keyframe.

                                                  Gambar 5.2 Insert Keyframe
10. Masih di frame 35, klik Arrow tool pada Toolbox kemudian pilih lingkaran dan pindahkan ke bagian
       kanan layar ( tempat animasi berakhir).
11. Klik frame 1 di Timeline, kemudian klik Properties panel pada bagian bawah layar. Pilihlah bagianTween
      dan klik Motion atau klik frame 1 kemudian klik kanan tombol mouse dan pilih Create Motion Tween

12. Klik Frame 35, Lingkaran akan berpindah ke bagian kanan layar.
13. Lakukan Test Movie dengan menekan Ctrl+Enter pada keyboard.

Kalau ada teman teman yang belum di mengerti silakan berikan coment.

Thursday 13 December 2012

KISI-KISI UN SD TAHUN 2013

Bagi Rekan rekan Guru kelas 6 SD, saat ini BSNP telah mengeluarkan kisi-kisi UN SD untuk tahun 2013, bagi rekan Guru yang belum mendapatkan kisi-kisi tersebut dapat melihatnya di bawah ini sebagai acuan dalam mempersiapkan anak didik kita dalam menghadapi UN tahun 2013.


KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

A.  KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI

1.   BAHASA INDONESIA SD/MI

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik
khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi,
dongeng, cerita anak, dan drama anak.
Disajikan teks bacaan 3 4 paragraf, siswa dapat:
· menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
· membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf
· menentukan ide pokok salah satu paragraf
· menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan
penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak,
siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat
menentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan
isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat:
· menentukan tokoh utama
· menentukan latar
· menentukan amanatnya.
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat
menentukan kalimat utamanya.
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
· menyusun pernyataan yang sesuai  dengan isi paragraf
· mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
· Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi
yang disajikan.
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang
disajikan.
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung di dalamnya.
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
Disajikan jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai
jurusan, siswa dapat:
· membuat pernyataan sesuai dengan isi jadwal
· menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang
terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan
isinya.




SD/MI/SDLB Standar Isi 2012-2013                                                                                          1

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR


Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
· menentukan isinya
· memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat
menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
· menentukan ringkasannya
· menentukan temanya
· menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
· menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi
· menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
2.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa
dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
· Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
· Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.
· Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat penulisan.
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang
disajikan.
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapi dengan pilihan kata yang tepat.
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi
formulir sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
· melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat
· memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang
tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan
yang salah.
Disajikan laporan yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat
melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah
paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat yang tepat.







2.   MATEMATIKA SD/MI

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan cacah
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan bulat
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian berbagai bentuk pecahan
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan
dari besar ke kecil atau sebaliknya
Memahami dan menggunakan
faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
Siswa dapat menentukan KPK atau FPB dari dua
bilangan dalam bentuk faktorisasinya
Siswa dapat menentukan FPB atau KPK dari tiga buah
bilangan dua-angka
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan KPK
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan FPB
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan berpangkat dan penarikan akar pangkat 2 atau 3
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung
penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari suatu bilangan pangkat tiga
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penarikan akar pangkat tiga
2.
Memahami konsep ukuran waktu,
panjang, berat, panjang, luas, debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan satuan waktu atau satuan panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan satuan debit atau satuan volume.
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan satuan berat atau satuan luas.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
3.
Memahami konsep, sifat dan unsur-
unsur bangun datar, serta hubungan antar bangun, dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar
suatu bangun datar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk).
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama
dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun
ruang.


NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR

Memahami konsep luas bangun datar
sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
Memahami konsep volume bangun
ruang sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volume kubus atau balok.
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari
suatu gambar yang ukurannya diketahui.
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu
gambar tabung yang ukurannya diketahui.
4.
Memahami konsep koordinat untuk
menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa
dapat menentukan koordinat salah satu titik.
5.
Mamahami konsep pengumpulan
dan penyajian data serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih).
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang
disajikan dalam bentuk tabel.
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang
disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan data
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang banyak data 6 10 data).
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk diagram batang.
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan
data tunggal yang disajikan.
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang
disajikan dalam bentuk soal cerita.
Siswa dapat menentukan selisih nilai tertinggi  dan
terendah dari data yang disajikan.















3.   ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI

NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan tertentu
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu
kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan manusia/lingkungan
Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian
hewan/tumbuhan
2.
Memahami perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan cara perkembangbiakannya
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
3.
Memahami saling ketergantungan
antarmakhluk hidup
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
Siswa dapat menentukan rantai makanan/peran makhluk
hidup dalam komunitas/ekosistem tertentu
Siswa dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi
makhluk hidup di sekitarnya.
4.
Memahami penyesuaian diri pada
makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada
hewan/tumbuhan tertentu
5.
Memahami bagian tubuh manusia,
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
Siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan.
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah
satu bagian alat pernafasan.
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
Siswa dapat menentukan aliran darah pada salah satu
sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan
fisik pada manusia
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis
penyakit pada manusia
6.
Memahami sifat penyusun benda,
perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut



NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR


Siswa dapat menjelaskan  perpindahan kalor yang terjadi
pada suatu kegiatan/peristiwa
7.
Memahami hubungan antara gaya,
gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat
menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat
mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk/arah suatu benda
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber bunyi dari alat tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan energi yang terjadi
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan sehari-hari.
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat
menentukan lampu yang menyala/padam jika salah satu saklar diputus/disambung
8.
Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
manfaat salah satu jenis sumber daya alam
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
9.
Memahami sistem tata surya bagi
kehidupan.
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana
matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun
masehi/tahun hijriah.