KISI-KISI UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
1. BAHASA INDONESIA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks
sederhana, laporan,
pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik
khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi,
dongeng, cerita anak, dan drama anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
· menjawab pertanyaan dengan kata tanya
(apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
· membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf
· menentukan ide pokok salah satu paragraf
· menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
|
Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan
penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
|
||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak,
siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
|
||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat
menentukan kalimat saran dengan tepat.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan
isinya.
|
||
Disajikan teks drama, siswa dapat:
· menentukan tokoh utama
· menentukan latar
· menentukan amanatnya.
|
||
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat
menentukan kalimat utamanya.
|
||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
||
Disajikan sebuah paragraf, siswa
dapat:
· menyusun pernyataan yang sesuai
dengan isi paragraf
· mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
· Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.
|
||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi
yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang
disajikan.
|
||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
|
||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa
kendaraan berbagai
jurusan, siswa dapat:
· membuat
pernyataan sesuai dengan isi jadwal
· menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan
|
||
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang
terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2012-2013 1
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
· menentukan isinya
· memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
|
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat
menentukan topiknya.
|
||
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
· menentukan ringkasannya
· menentukan temanya
· menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan teks puisi pendek, siswa
dapat:
· menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi
· menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan
sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan
dan pilihan kata yang tepat;
menulis berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun
|
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa
dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
|
· Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
· Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan
dengan kata hubung yang tepat.
· Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat penulisan.
|
||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
|
||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang
disajikan.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapi
dengan pilihan kata yang tepat.
|
||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang
yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi
formulir sesuai dengan ilustrasi
yang disajikan.
|
||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
· melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat
· memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
|
||
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang
tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya
dengan kata yang sesuai
orang yang dituju.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan
yang salah.
|
||
Disajikan laporan yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat
melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah
paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
|
||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat yang tepat.
|
2. MATEMATIKA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam
kehidupan
sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi
hitung campuran
bilangan cacah
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi
hitung campuran
bilangan bulat
|
||
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam
kehidupan
sehari-hari.
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
|
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi
hitung perkalian
dan pembagian berbagai bentuk pecahan
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan
|
||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan
dari besar ke kecil atau sebaliknya
|
||
Memahami dan menggunakan
faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
|
Siswa dapat menentukan KPK atau FPB dari dua
bilangan dalam bentuk faktorisasinya
|
|
Siswa dapat menentukan FPB atau KPK dari tiga buah
bilangan dua-angka
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan KPK
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan FPB
|
||
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan berpangkat dan penarikan akar pangkat 2 atau 3
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi
hitung
penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua
|
|
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari
suatu bilangan pangkat tiga
|
||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penarikan akar pangkat tiga
|
||
2.
|
Memahami konsep ukuran waktu,
panjang, berat, panjang, luas, debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan satuan waktu atau satuan panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana.
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan satuan debit atau satuan volume.
|
||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan satuan berat atau satuan luas.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
|
||
3.
|
Memahami konsep, sifat dan unsur-
unsur bangun datar, serta hubungan antar bangun, dan dapat menggunakannya dalam
pemecahan
masalah
|
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
|
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar
suatu bangun datar yang
disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang
yang disajikan
(titik sudut, sisi, atau rusuk).
|
||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama
dan sebangun dari
beberapa gambar yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun
ruang.
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
Memahami konsep luas bangun datar
sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan siswa
dapat menghitung luasnya.
|
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
|
||
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
|
||
Memahami konsep volume bangun
ruang sederhana dan menggunakannya dalam
pemecahan
masalah
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volume kubus atau balok.
|
|
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari
suatu gambar yang ukurannya
diketahui.
|
||
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu
gambar tabung
yang ukurannya
diketahui.
|
||
4.
|
Memahami konsep koordinat untuk
menentukan letak benda dan menggunakannya dalam
pemecahan
masalah
|
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa
dapat menentukan koordinat salah satu titik.
|
5.
|
Mamahami konsep pengumpulan
dan penyajian data serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
|
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih).
|
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
|
||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari
data yang
disajikan dalam bentuk tabel.
|
||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data
yang
disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
|
||
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan data
|
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang banyak data 6 – 10 data).
|
|
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
|
||
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk diagram
batang.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan
data tunggal yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang
disajikan dalam bentuk soal cerita.
|
||
Siswa dapat menentukan selisih nilai tertinggi dan
terendah dari data yang disajikan.
|
3. ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan dan tumbuhan,
manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan tertentu
|
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam
satu
kelompok, siswa dapat menentukan dasar
pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
|
||
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi
kehidupan manusia/lingkungan
|
||
Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian
hewan/tumbuhan
|
||
2.
|
Memahami perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
|
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat
menentukan cara perkembangbiakannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
||
3.
|
Memahami saling ketergantungan
antarmakhluk hidup
|
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar
makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
|
Siswa dapat menentukan rantai makanan/peran makhluk
hidup dalam komunitas/ekosistem tertentu
|
||
Siswa dapat menentukan peran/manfaat tumbuhan bagi
makhluk hidup di sekitarnya.
|
||
4.
|
Memahami penyesuaian diri pada
makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia
terhadap keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi
pada
hewan/tumbuhan tertentu
|
||
5.
|
Memahami bagian tubuh manusia,
tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan.
|
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan
fungsi bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menjelaskan proses
yang terjadi pada salah
satu bagian alat pernafasan.
|
||
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat
menjelaskan proses
yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menentukan aliran darah pada salah satu
sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia
berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu
bagi kesehatan tubuh manusia
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan
fisik pada manusia
|
||
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis
penyakit pada manusia
|
||
6.
|
Memahami sifat penyusun benda,
perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
|
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
|
||
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat
menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Siswa dapat menjelaskan
perpindahan kalor yang terjadi
pada suatu kegiatan/peristiwa
|
7.
|
Memahami hubungan antara
gaya,
gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam
kehidupan sehari- hari.
|
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa
dapat
menentukan jenis gaya
yang dimanfaatkan
|
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat
mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk/arah suatu benda
|
||
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan jenis pesawat
sederhana yang sesuai digunakan.
|
||
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan
sumber bunyi dari alat tersebut
|
||
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
|
||
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
perubahan energi yang terjadi
|
||
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa
dapat
menentukan lampu yang menyala/padam jika salah satu saklar diputus/disambung
|
||
8.
|
Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
|
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan
manfaat salah satu jenis sumber daya alam
|
||
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
||
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam
yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
|
||
9.
|
Memahami sistem
tata surya bagi
kehidupan.
|
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet
dalam tata surya
|
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
terhadap kehidupan di bumi
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya
gerhana
matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya
gerhana matahari/bulan.
|
||
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun
masehi/tahun hijriah.
|
No comments:
Post a Comment