Kibarkan Semangat Inovasi Ciptakan siswa Berprestasi,

Saturday 13 October 2012

GURU BELAJAR ICT


Guru yang mempunyai tugas sebagai pendidik yang profesional, sudah seharusnya bekerja dengan tulus dan iklas, guru senior guru yunior semua sama mempunyai tugas mulia yaitu mencerdaskan anak bangsa, Dalam menghadapi kemajuan teknologi dan informasi, guru dituntut untuk selalu Dinamis dalam mengembangkan pengetahuannya, jangan menjadi Guru Jadul, tidak mengikuti perkembangan teknologi, jangan sampai anak didik lebih mengerti teknologi, sedangkan Gurunya tidak tahu.

Oleh Karena itu marilah kita kembangkan pengetahuan kita untuk sama sama belajar, agar kualitas pendidikan dinegeri kita bisa meningkat, nggak ada yang tidak bisa, dengan belajar insyah Allah kita semua pasti bisa.

Penulis juga tahu kita semua mempunyai kesibukan yang banyak di luar tugas kita sebagai guru terutama ibu ibu pulang sekolah sudah banyak tugas di rumah, tapi kita sudah memilih profesi kita sebagai seorang Guru, jadi dengan tulus iklas ayo kita tingkatkkan pengetahuan kita dengan belajar, kan bapak ibu guru selalu menyuruh anak didiknya belajar, sekarang mari bapak ibu guru juga meluangkan waktu sejenak untuk belajar.

Pembelajaran masa depan Guru dituntut untuk menggunakan ICT, karena pembelajaran dengan selingan menggunakan ICT akan meningkatkan minat belajar siswa dan juga dapat menanamkan konsep ke siswa dan kita juga bisa mencari materi yang menarik di internet dan masih banyak lagi keuntungan yang lain.

Penulis sendiri adalah seorang guru SD yang ada di pedesaan yang ada di perairan jauh dari kota tepatnya di daerah Muara Telang bukan sarjana komputer hanya lulusan S1 UT, belajar ICT hanya otodidak (belajar sendiri), tapi dengan kemauan dan semangat untuk bisa, alhamdullilah  sedikit demi sedikit mulai bisa walau sederhana dan yang sangat penting langsung kami praktekkan untuk pembelajaran di kelas dengan menggunakan LCD proyektor yang dibeli dari sekolah 4 tahun yang lalu bukan bantuan.

Sekarang situasinya sudah mulai berubah banyak Sekolah yang sudah mendapat bantuan ICT termasuk didalamnya LCD proyektor, marilah kita manfaatkan peralatan yang ada dengan maksimal.

Penulis yang hanya mempunyai pengetahuan setitik embun ingin mengembangkan pengetahuan ICT dengan seluruh guru guru yang masih belum mengerti ICT yang kami rintis dari UPTD tempat kami tinggal, bagi guru guru yang sudah mahir kami mohon untuk mengimbaskannya kepada Guru guru yang belum mengerti. Sampai nantinya seluruh guru guru di tanah air tercinta ini semua melek teknologi.

Bapak Ibu Guru belajar membuat media pembelajaran itu asyik dan menyenangkan. Kalau bapak ibu guru sudah mulai belajar pasti bisa tidak terlalu sulit, Selamat mencoba.
Oleh : Suwari, S.Pd.SD ( Guru SDN 13 Muara Telang) 

4 comments:

  1. memang betul, dizaman yang serba elektronik kita harus bisa menguasai alat-alat elektronik seperti computer yang menunjang kegiatan belajar mengajar.

    ReplyDelete
  2. Ya, pak Rudikemajuan komonikasi menuntut kita untuk lebih mengerti teknologi

    ReplyDelete
  3. Ya bu Rahma, kita sebagai seorang Guru harus melek teknologi

    ReplyDelete

Tinggalkan Komentar anda